NEGOSIASI DAN NEGOISASI

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa termuda di dunia, sehingga harus banyak meminjam kata dari bahasa asing untuk memperkaya jumlah kosakatanya.  Salah satu kata serapan dari bahasa Inggris adalah kata “negosiasi”. Kata “negosiasi” adalah kata serapan dari kata negotiate. Dalam kamus bahasa Indonesia, kata negosiasi berari (1) proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain; (2) penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

 Karena berasal dari kata “negotiate”, maka kata serapannya dalam bahsa Indonesia adalah “negosiasi”. Ternyata kata ini agak sulit untuk diucapkan dengan benar oleh sebagian orang Indonesia. Banyak orang yang Indonesia yang melafalkannya “negoisasi”, bukan “negosiasi”. Padahal jika diucapkan dengan “negoisasi”, maka kata aslinya seharusnya adalah negotiate, padahal tidak ada kata “negoitate “dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kebiasaan mengucapkan “negoisasi” alih-alih “negosiasi” harus dihentikan. Penggunaan kata negosiasi harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, supaya sesuai dnegan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

0 Response to "NEGOSIASI DAN NEGOISASI"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel