Adakah Islam Nusantara

Umat islam indonesia populernya NU(Nahdiyin) dan Muhammadiyah. Sebenarnya masih banyak organisasi lain seperti MTA, Persis, Al Irsyad tapi kurang populer saja. Kalau kesan tradisional dan modern di NU dan Muhamammdiyah and others itu lain cerita.
Secara umum Islam di indonesia bermadzhab Syafii tapi bercampur tradisi lokal, tetapi sekarang ini banyak yang bermadzhab lain, terutama yang mendapat pengaruh atau pendidikan dari Arab. Mereka secara fikih lebih terbuka, tidak fanatik madzhab yang penting ada dasar/dalil shohih.
Bagi saya tidak masuk akal Islam nusantara itu karena alam dan budaya yang berbeda. Bahkan alam dan budaya kita sebut arab sendiri sangat berbeda karena Arab dan Afrika utara sangat luas. Tidak masuk akal disebut secara eksklusif Islam nusantara hanya gara gara makan nasi dan memakai batik.
Pada masanya Islam juga sampai Eropa selatan, Kaukasus, Asia tengah dan anak benua India, tapi tidak muncul terminologi seperti “Islam nusantara”, meski memang ada preferensi madzhab tertentu di tempat tertentu, tapi itu pun bisa berubah.
Islam nusantara menurut saya tidak lebih dari upaya “kampanye terbuka “SAS ketua PBNU untuk mengamankan suasana dan posisi agar orang orang yang teridentifikasi bukan Nahdiyin dianggap berbeda dan dibatasi dakwah/ceramahnya, meski itu dalam lingkup tertutup sekalipun dan tidak dianggap tidak nasionalis atau indonesiawi karena dianggap “kearab-araban”.
Menurut pengamatan saya, banyak kalangan tradisional atau tokoh organisasi tersebut merasa terganggu karena banyaknya jamaah di kajian atau pengajian di ustadz ustadz kontemporer yang rata rata populer di masyarakat kota/milenial/melek internet. Mereka ingin mempertahankan dominasinya baik secara kultural, sosial, plus bumbu politik. Dan hasilnya,jreng jreng,vonis wahabi, kaum cingkrang, ninja, dst dialamatkan ke kaum/kelompok yang berbeda.

0 Response to "Adakah Islam Nusantara"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel