Gramedia, Mahal Tapi Lengkap

Sewaktu saya kuliah, saya dan teman-teman pernah berkongsi usaha berbagai jenis, salah satunya jualan buku, baik di kampus kami maupun di sekolah-sekolah.
Di Solo raya banyak berdiri penerbitan buku Islam dan umum. Kami mengambil buku dari 6 penerbit di Solo raya dengan sistem konsinyai. Saya ingat sekali itu terjadi pada tahun 2007. Dari pengalaman jualan tersebut saya jadi tahu kalau buku sebenarnya murah, bahkan dengan embel-embel diskon saja masih untung kok.

Salah satu buku yang laris kami jual harga 18k, padahal banderol dari penerbit 20k. Itu kami sudah untung 3k. Suatu hari saya ada keperluan ke Gramedia ternyata harga jualnya kalau tidak salah 32k. Wow.
Memang kelebihannya gramed itu bukunya lengkap. Kalau kita bandingkan dengan togamas saja cukup jauh. BTW saya juga pernah kerjasama dengan togamas, belum lama malah. Margin maksimal dari togamas itu 20%, sedang kalau kita ambil dari penerbit margin maksimal itu 50% (tapi biasanya ga ambil semua, sebagian buat diskon dari HET/banderol). Ini pebgalaman saya secara umum saja, bukan detail. Tapi sudah bisa untuk menyimpulkan bahwa togamas lebih murah dengan selisih lumayan.
Saya juga punya pengalaman beli media buku di gramed dengan harga cukup mahal menurut pustakawan kami, tapi saya nyari ke berbagai tempat juga belum ketemu.

0 Response to "Gramedia, Mahal Tapi Lengkap"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel