Haruskah Merantau Agar Sukses?

Banyak orang beranggapan bahwa jika ingin sukses, maka harus pergi merantau meninggalkan kampung halamannya. Mungkin dulu di desa saya termasuk yang beranggapan demikian, bahwa perantau adalah "calon" orang sukses, karena berani menempuh jalan yang berbeda dengan meninggalkan kampung halaman. Begitulah sterotypenya.
Para perantau biasanya tidak memiliki lahan uang luas atau kurang berpendidikan. Banyak perantau yang ketika pulang setiap lebaran membawa hal baru dan barang baru yang mewah menurut standar desa.
Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, semakin baiknya pendidikan dan sarana prasarana, banyak wirausahawan muncul di desa, mulai industri kreatif hingga peternak, petani bunga greenhouse, hingga PNS atau pegawai swasta di kota tapi komuter dari desa, merantau bukan opsi utama lagi. Memang masih ada yang merantau, tapi lebih berpendidikan dan bekerja di sektor formal (tuntutan karir). Adapun di sektor informal jumlahnya semakin menurun. Paling tidak itu yang terjadi di desa saya dan kebetulan saya adalah salah satu perantau juga.
Sekarang ini, dengan semakin berkembang informasi dan kesempatan bekerja, tidak penting lagi mau merantau atau tidak, yang penting mau berusaha.

0 Response to "Haruskah Merantau Agar Sukses?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel