Kans dan Revans

Bahasa harus selalu berkembang dan menyesuaikan diri dnegan perkembangan jaman. Bahasa yang kaku maka akan mati dan ditinggalkan oleh para penggunanya. Bahasa Indonesia adalah salah satu Bahasa termuda di dunia dengan jumlah pengguna yang banyak dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, terbukti dari semakin banyaknya universitas di luar negeri yang melakukan kajian terhadap Bahasa Indonesia .

Salah satu bentuk penyesuaian yang terjadi dalam Bahasa Indonesia adalah penyerapan Bahasa asing ke dalam Bahasa Indonesia untuk menambah kosakata di Bahasa Indonesia . Bahasa inggris adalah salah stau Bahasa yang paling banyak diserap kosakatanya. Biasanya pola peminjaman kata dari Bahasa Indonesia adalah dengan mengubah kata yang berakhiran –tion menjadi –sasi dalam Bahasa Indonesia . Sebagai contoh, "injection" menjadi "injeksi", "improvisation" menjadi "improvisasi", "evolution" menjadi "evolusi" dan lain sebagainya.
Akan tetapi sekarang ini sudah muncul pola penyerapan kata dengan cara baru, yaitu penyerapan kata dari Bahasa Inggris dengan merubah pelafalan kata tersebut sesuai dengan cara pelafala di Bahasa Indonesia yang lebih sederhana secara fonetik. Contoh kata dari pola penyerapan tersebut adalah kata "kans" yang berasal dari kata "chance" yang berarti kesempatan dan kata "revans" yang berasal dari kata "revenge" yang berate balas dendam. Kedua kata tersebut meski belum diakui di Kamus Besar Bahasa Indonesia , akan tetapi sudah sangat sering digunakan di media massa sehingga maknanya sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya penyerapan kata baru seperti ini maka Bahasa Indonesia akan semakin kaya sehingga akan mampu bertahan dan bersaing dengan bahasa lain.

0 Response to "Kans dan Revans"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel