Mengapa Pelayanan Sekolah Swasta Berbeda dengan Sekolah Negeri?

Sekarang ini adalah eranya sekolah swasta favorit. Jika sekolah swasta kursinya penuh, tetapi kebalikannya ada sekolah negeri yang sepi hingga akhirnya berakhir merger.

Ada perbedaan signifikan antara sekolah negeri dan swasta terutama untuk jenjang sekolah dasarnya,  dan sebenarnya sekolah di swasta itu materinya dan bobotnya lebih berat daripada sekolah negeri meskipun menggunakan kurikulum yang sama. Tapi hal tersebut tertutupi beberapa hal yang menjadi layanan dan fasilitas yang ada di sekolah swasta, antara lain:
  1. Quality control ke pengajar. Sekolah swasta menjaga mutu dan performance pengajarnya dengan serius bukan asal asalan atau yang penting ada.
  2. 24/7 service. Guru di sekolah swasta memberikan layanan 24 jam 7 hari. Guru swasta biasa malam malam masih chattingan dengan walimurid baik,di group kelas maupun japrian (direct message)
  3. Facility. Sarana dan prasarana di swasta masih lebih baik karena untuk menjaga kenyamanan anak di area sekolah. Bahkan banyak sekolah punya banyak OB  untuk menjaga kebersihan sekolah dan pinya satpam dan CCTV 24 jam untuk memastikan keamanan area sekolah.
  4. Kegiatan lebih terstruktur dan terukur. Banyak acara outdoor, jalan jalan outbound, praktek dan festives yang memeriahkan sekolah sehingga anak anak mendapatkan keseruan dan pengalaman tersendiri.
  5. Pengelola sekolah swasta sadar bahwa guru dan karyawannya digaji dari SPP murid bukan dari uang negara. Jika  jumlah murid  sekolah swasta sedikit karena kualitas dan pelayanan yang buruk, lantas bagaimana sekolah bisa menggaji guru dan karyawannya.

Kelima hal tersebut adalah hal yang lazim ditemukan di sekolah swasta. Dalam banyak hal, sekolah swasta lebih siap untuk berubah dan bergerak lebih baik sesuai kebutuhan dan tuntutan perubahan jaman.

0 Response to "Mengapa Pelayanan Sekolah Swasta Berbeda dengan Sekolah Negeri?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel