Mesin pengering Gas Dan Mesin Pengering Listrik, Lebih Irit Mana?

Sebenarnya mesin pengering gas pun tetap membutuhkan listrik, hanya kecil watt nya, mungkin tidak sampai 100 watt, untuk menyalakan dan memutar mesinya.
Kalau begitu gas nya untuk apa?
Mesin pengering listrik membutuhkan listrik untuk memutar dan mengeringksn baju. Besarnya bisa mencapai 1800 watt. Jika listrik di rumah hanya 1300 tentu tidak kuat dan akan njeglek.
Adapun mesin pengering gas adalah menggunakan gas untuk mengeringkan pakaian, lewat alat converter yang dipasang di belakang mesin. Converter ini untuk menyalakan perapian dan mengalirkan panasnya ke dalam mesin yang berputar agar keringnya merata.
Dari segi harga, mesin pengering gas lebih mahal hingga hampir 2x lipat mesin oengering listrik, dikarenakan modifikasi mesin pengering dengan penambahan converter yang memang harganya cukup mahal, bisa mencapai harga 2 juta rupiah.

Tetapi perlu diingat bahwa harga gas lebih murah daripada harga listri per kwh, terlebih jika menggunakan listrik rumah tangga. Oleh karena itu mesin pengering dnegan gas lebih irit biaya operasionalnya daripada mesin pengering listrik. Sebagai contoh, mesin pengering dengan gas 3 kg mampu bekerja selama hampir 30 jam, padahal harga gasnya skeitar 20 ribu saja. Dengan perbandingan yang sama, jika menggunakan listrik secara penuh untuk mengeringkan selama 30 jam, maka biayanya sekitar 80 ribu rupiah. 

0 Response to "Mesin pengering Gas Dan Mesin Pengering Listrik, Lebih Irit Mana?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel