Nasihat Mahasiswa FKIP Dan Calon Guru

Ada beberapa nasihat untuk para mahasiswa kependidikan keguruan di Indonesia, supaya tidak kaget jika lulus nanti:
  1. Menjadi guru itu belum tentu PNS/ASN. Lowongan guru ONS/ASN sangat terbatas. Kalau ingin kesempatan jadi guru ASN di Pulau Jawa, seperti mencari mencari jarum di tumpukan jerami.
  2. Jangan kaget jika kamu mengajar di sekolah swasta dan gajinya di bawah UMK. Jika kamu mengajar di sekolah swasta elit yang SPP nya mahal, banyaklah bersyukur. Jangan iri dengan ekonomi wali muridmu yang kaya. Kamu akan stress jika membandingkan gajimu dengan gaya hidup muridmu.
  3. Jangan mengharap bisa kaya dari gaji guru, meski kamu menjadi guru ASN/PNS yang bersertifikasi.
  4. Menjadi guru itu punya beban moral, kamu tidak mungkin memberi contoh jelek kepada mereka meski berada di luar sekolah atau dunia maya
  5. Jangan kaget jika ada muridmu yang punya wawasan dan pengalaman melebihi dirimu. Jangan puas dengan pengetahuan dan kemampuanmu, atau kamu akan ditertawakan muridmu.
  6. Tidak ada salahnya guru punya usaha sampingan untuk menambah penghasilanmu. Jadi jangan malu berwirausaha asal halal dan tidak melanggar hukum.

0 Response to "Nasihat Mahasiswa FKIP Dan Calon Guru"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel