Pengin Jadi Dosen, Berapa IPK mu?

Saya pernah iseng pengin mendaftar dosen di kampus saya waktu saya habis lulus fresh graduate S1,ternyata syaratnya 3,2 minimal untuk daftar saja, padahal IPK saya cuman 3,14. Langsung menguap tak berbekas deh harapan saya. Tapi beberapa bulan kemudian saya ditawari menjadi dosen di kampus swasta tetapi di luar pulau dan letaknya di kota kecil. Ya terlalu jauh buat saya jadi saya mundur.

Untuk IP dibawah 3 hampir mustahil menjadi dosen kecuali punya kemampuan menonjol luar biasa di suatu bidang yang amat dibutuhkan atau dengan kata lain praktisi.  Saya punya kenalan(orang tua teman) yang dosen agama di kampus saya, pernah cerita dulu menjadi dosen itu “dilamar” pihak kampus setelah selesai pendidikan di Pesantren Gontor. Saat itu belum banyak orang yang bisa bahasa Arab dan Inggris dan punya background agama yang bagus. Tetapi untuk jaman sekarang sudah banyak.
Dari pengamatan saya, untuk menjadi dosen paling mudah jika berasal dari kampus sendiri (untuk swasta), IPK tinggi, punya kemampuan khusus/unik (praktisi), syukur-syukur sdah S2/3, dan jaringan dan kenalan yang luas dengan birokrasi yang bersangkutan.

0 Response to "Pengin Jadi Dosen, Berapa IPK mu?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel