Siapakah Ketua DPR RI 2019-2024?

Pimpinan sementara sampai pimpinan tetap terpilih adalah anggota DPR RI tertua dan termuda. Setelah itu proses pemilihan pimpinan tetap DPR RI baru akan dilangsungkan.

Pemilihan ketua DPR RI adalah proses politik yang rumit. Seperti kita tahu bahwa meski Golkar bukan pemenang pemilu 2014, tapi ketua DPR dari Golkar, bahkan setelah SetNov ditangkap, penggantinya sebagai ketua DPR tetap dari Golkar, yaitu Bambang Susatyo.
Meski PDIP adalah pemenang pemilu 2019 dan presidennya juga dari PDIP, saya malah ragu ketua DPR RI menjadi jatah PDIP. Kemungkinan besar malah diberikan kepada partai koalisi Jokowi yang lain (bagi-bagi kursi kekuasaan, it is fair kok ;) ), tentu yang punya suara signifikan, bisa Golkar lagi atau Nasdem atau PKB, meski saya agak ragu akan jatuh ke PKB apalagi PPP. Tetapi politik itu sangat cair dan unpredictable, apa saja bisa terjadi.

0 Response to "Siapakah Ketua DPR RI 2019-2024?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel