Waspada Bank Plecit Alias Rentenir

Beberapa orang mengenal Bank Plecit atau bank thithil dengan sebutan "lintah darat" atau rentenir atau "loan shark" dalam Bahasa Inggris. Selain itu kita bisa mengenal Bank Plecit dengan sifatnya yang personal dan selalu bergerak/mobile. Biasanya Bank Plecit menawarkan jasa pinjaman uang kepada 'pasiennya' secara langsung, pinjaman cepat cair dengan bunga yang mencekik. Banyak dari bank plecit juga berkedok koperasi KSP, seperti yang dialami karyawan di laundry saya.
Ciri khas bank plecit adalah bunganya sangat tinggi tetapi syaratnaa sangat mudah, malah seperti tanpa syarat, hanya modal KTP saja, atau catatan jika sudah kenal sebelumnya. Misal, pinjam 500 ribu tapi mengembalikannya bisa mencapai 650 ribu dalam jangka waktu 3 bulan. Ironisnya, meski akadnya pinjam 500 ribu, tapi terimanya hanya 450 ribu dengan dalih administrasi. Alhasil, bukanya ditolong tapi malah terjerumus ke lingkaran setan.

Biasanya yang terkena bank plecit ini ironisnya kalangan yang tidak mampu maupun pengusaha mikro yang secara ekonomi dan tidak mampu pinjam ke bank resmi karena tidak bankable kondisinya. Sekarang ini di beberapa daerah sudah muncul gerakan menolak kehadiran bank plecit/thithil/rentenir di daerahnya karena memang meski sepertinya menolong, tapi malah membunuh di hari esok.

0 Response to "Waspada Bank Plecit Alias Rentenir"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel