3 Alasan Pembayaran Online Tidak Bisa Menjangkau Indonesia 100%

Dengan semakin maraknya layanan pembayaran online, banyak yang berpikir bahwa uang cash bisa tamat segera riwayatnua. Tetapi menurut saya "Tidak semudah itu, Bambang".
Saya tidak yakin pembayaran online bisa menggantikan uang cash, karena:
  1. Indonesia itu luas dan infrastrukturnya telekomunikasi dan perbankannya tidak sama, bahkan masih ada yang listriknya saja setengah hari dan mencari sinyal harus mendaki gunung menuruni lembah menyeberangi 7 samudra. Indonesia itu bukan hanya Jawa, Bali dan Madura saja lo ya.
  2. Jumlah penduduknya banyak dan masih banyak yang old-school. Banyak generasi tua yang masih buta huruf, sedang generasi mudanya banyak yang malas membaca instruksi. Banyak keluhan di berbagai layanan publik atau corporat seperti bank atau perusahaan komunikasi yang berupa keluhan atas masalah sepele, termasuk sendiri pelakunya
  3. Banyak yang ragu dengan keamanan pembayaran online, baik dari sisi internal maupul eksternal. Sisi eksternal itu seperti keamanan akun kita, apakah uang kita aman, apakaj transaksinya lancar aman. Sedang sisi eksternal, bisa berupa jika HP kita hilang atau rusak. Maklum saja, kasus pencurian HP masih cukup tinggi.
Selain daripada itu semua, memegang uang cash bergepok-gepok itu rasanya mantab. Beda sama uang online yang tidak ada wujudnya.

Meskipun demikian, saya yakin jumlah pengguna dan transaksi pembayaran online akan terus berkembang karena semakin banyaknya orang melek internet, semakin baiknya infrastruktur telekomunikasi dan perbankan, dan banyaknya promo. Jujur saja, orang Indonesia itu bisa bergetar hatinya setiap mendengar kata promo atau diskon.

0 Response to "3 Alasan Pembayaran Online Tidak Bisa Menjangkau Indonesia 100%"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel