Apakah Arti Kata Sumbud?

Kata "sumbud" sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang Jawa. Tetapi kalau ditanya apakah arti kata "sumbud", saya yakin orang Jawa akan kesulitan untuk menerangkannya dalam Bahasa Indonesia.
Kata "sumbud" atau kebalikannya "ora sumbud" sangat sering digunakan dalam bahasa sehari-hari orang Jawa. Tetapi sepertinya saya kesulitan mencari padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Saya berikan saja contoh penggunaannya saja sesuai konteks dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Adi kae bocah ora sumbud. Jarene biso mbenekke radioa rusak, jebule ora biso. Terimo mbongkar ora terimo masang (Adi itu anak yang "tidak sumbud". Katanya bisa membetulkan radio rusak, ternyata tidak bisa. Menerima bongkar tapi tidak terima pasang)
  2. Adimu kui pancen sumbud tenan. Ora mung pinter omong . Biso akon ugo biso nglakoni. (Adikmu itu memang "sumbud". TIdak hanya pinter bicara. Bisa nyuruh tapi juga menjalankan)
Dari dua kalimat di atas, bisa diperkirakan bahwa kata "sumbud" itu artinya bukan sombong atau sombong, tapi bisa dan mampu, hanya tidak segan menyatakan bahwa dirinya bisa, padahal dalam tradisi Jawa mengungkap dirinya bisa itu sering pandang negatif atau agak diluar kelaziman. 

0 Response to "Apakah Arti Kata Sumbud?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel