Ikan Sapu-Sapu, Alien "Berbahaya" Dari Amerika Selatan

Bagi para pencinta ikan hias, banyak yang turut memelihara ikan sapu-sapu untuk membersihkan akuarimnya. Ikan sapu-sapu atau ikan bandaraya ini menang dikenal sebagai pembersih akuarium, karena makan kotoran organik dan lumut yang tumbuh di akuarium.
Ikan sapu sapu asalnya dari Amerika selatan, jadi bukan asli Indonesia. Jadi ikan ini adalah tamu alias pendatang, yang masuk ke sungai karena para penghobi ikan yang melepaskannya ke sungai. Meski ikan hanya makan limbah organik dan lumut, tetapi perkembangbiakannya sangat cepat dan umurnya panjang, sehingga ikan asli akan kalah dan tersingkirkan karena kekurangan pakan dan lokasi hidup.

Sekarang ini ikan sapu sapu sudah digolongkan sebagai IAS, invasive alien species. Jadi yang punya aquarium dan punya sapu sapu, stop buang sapu sapu hidup ke selokan mulai sekarang ya. Meski dibuang ke sungai yang penuh limbah logam berat seperti timbal dan merkuri atau kotor, tetapi ikan ini sanggup bertahan hidup dan akhirnya berkembang biak.

0 Response to "Ikan Sapu-Sapu, Alien "Berbahaya" Dari Amerika Selatan"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel