Manfaat Unggas Untuk Manusia

Unggas adalah burung pedaging. Untuk di Indonesia, umumnya berupa bebek, ayam, enthog dan puyuh. Meski namanya burung pedaging, tetapi juga menghasilkan telur untuk konsumsi manusia. Bahkan telur ayam adalah sumber protein yang paling mudah didapatkan oleh manusia.

Daging ayam juga murah dan mudah didapatkan dibandingkan daging sapi atau kambing. Meski demikian, saya lebih duka daging bebek daripada daging ayam.
Selain telur dan daging, bulu dan kotoran unggas juga bisa "dinikmati" manusia. Bulu unggas untuk pakan ternak, misal sapi dan ikan karena tinggi protein, tentu dengan pengolahan terlebih dahulu tentunya, berupa tepung bulu. Soalnya bulu meski kaya protein, tapi kandungan keratinnya menyebabkan susah diserap oleh tubuh ternak.

Adapun kotoran unggas digunakan untuk pupuk tanaman biar tumbuh subur. Tentu setelah kering atau melalui pemrosesan, biasanya dengan ditambahkan dedainan atau kulit padi. Soalnya kotoran unggas itu bau jika basah dan panas dan bisa mematikan tanaman jika langsung diberikan dalam jumlah jumlah banyak le tanaman dalam kondisi fresh from the oven.

0 Response to "Manfaat Unggas Untuk Manusia"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel