Mengapa Pebisnis China Selalu 5 Langkah Lebih Maju?

Di sekolah kami, ada 4 mitra katering harian murid-murid dan salah satunya Chinese muslim.

Di antara 4 mitra tersebut, hanya yang mitra yang kebetulan China yang mau garap katering untuk acara sekolah yang non reguler dan susah garapnya, misal sahur, murid nginep di sekolah, ngolah daging kambing pas Iedul Adha dst. Kalau yang Jawa rata-rata tidak mau garap yang seperti itu karena memang susah dan repot. Bahkan mitra tersebut mau nggarap order dari sekolah dengan budget terbatas, jadi untungnya mepet banget. Memang terkadang kami ada acara tapi anggarannya kecil dan kami pasrahkan saja ke mitra tersebut sejadinya dan hasilnya tetap memuaskan.

Dari contoh sederhana tersebut saja sudah jelas mengapa orang China dan Jawa tetap tidak bisa bersaing dengan kecepatan yang sama, meski start dari titik dan kesempatan yang sama. Jika orang Jawa atau etnis lain iri sama orang China, harusnya "iri" juga dengan usaha, komitmen dan semangatnya dalam berbisnis.
Ini adalah otokritik untuk kemajuan kita semua.

0 Response to "Mengapa Pebisnis China Selalu 5 Langkah Lebih Maju?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel