Novel Burung-Burung Manyar, Kisah Dari Jaman Tenang

Burung Burung Manyar adalah sebuah novel yang ditulis oleh YB Mangunwijaya, atau yang lebih populer dengan panggilan Romo Mangun. Kebetulan sekali daerah kelahiran beliau sama dengan saya.

Burung-Burung Manyar ini bercerita tentang Setadewa  alias Teto, bangsawan dari Mangkunegaraan, ekonomi menengah atas, dan terpaksa lari dari Indonesia merantau ke US setelah KNIL bubar dan kembali mengabdi dan mengorbankankan karirnya untuk Indonesia, meski bukan WNI lagi sebagai bentuk rasa cinta kepada Papinya Kapten Brajabasuki, seorang perwira KL yang meninggal di era pendudukan Jepang dan Mami Marice, yang meninggal setelah mengalami kesusahan dan pengkhiatan.
Teto juga mengorbankan cintanya kepada Atik, cintanya sejak mengenal kehidupan yang sesungguhnya dan merawat anak-anak Atik setelah Atik dan suaminya meninggal karena pesawat yang ditumpanginya ketika naik haji jatuh.
Saya sangat terkesan dengan penderitaan dan pengorban Teto. Saya sendiri punya beberapa memori khusus akan cerpen ini.
Istana Mangkunegaran di Solo asal keluarga Setadewa. Sudah saya kunjungi beberapa kali termasuk sampai masuk ke dalam.
Istana Negara di Jogja. Teto ikut menyerbu tempat ini ketika clash ke dua. Saya pernah duduk termenung memandangi istana ini.

RSJ di Magelang. Tempat Maminya Teto dirawat hingga meninggal. Saya belum masuk, hanya lewat saja.
Pemandangan Merapi Merbabu. Magelang kota Teto dekat sekali dengan gunung ini. Saya setiap hari juga menikmatinya tapi dari sisi timur.
Balairung UGM tempat Atik/Larasati diwisuda doktor dan Teto datang sembunyi-sembunyi. Saya pernah duduk-duduk di depan tempat ini meski saya bukan mahasiswa UGM

Stasiun Tugu di Jogja. Saya pernah ke sini juga
Pesawat Zero yang legendaris milik Jepang digunakan angkatan udara di era revolusi oleh para perintis penerbangan dan pejuang Republik Indonesia. Saya menemukannya di Museum Diragantara, komplen Bahdara AdinSucipto yang dulu disebut Meguwo.

0 Response to "Novel Burung-Burung Manyar, Kisah Dari Jaman Tenang"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel