Sekilas Kartasura Dan Surakarta

Kartasura adalah sebuah kecamatan yang secara administrasi ikut wilayah Kabupaten Sukoharjo. Pada jaman dahulu, keraton Mataram terletak di Kartasura hingga akhirnya terbakar ketika peristiwa geger Pecinan. Akhirnya saat itu Sri Susuhunan Paku Buwana II, raja Mataram mencari opsi penggantian lokasi keraton karena konon raja jawa itu berpantang meninggali kembali istana yang pernah hancur. Sri Susuhunan Paku Buwana II sendiri bisa kembali ke Kartasura dengan bantuan VOC, yang akhirnya mendapat kompensai setengah utara Jawa, mulai dari setelah ampe Boyolai.
Ada 3 opsi tempat pemindahan, yaitu di Polokarto/Bekonang, di Desa Solo dan di Sriwedari. Semuanya terletak di sebelah timur Kartasura. Setelah berunding juga dengan VOC, akhirnya lokasinya dipilih di Desa Solo, yang saat itu masih berupa rawa-rawa. Jarak Desa Solo deegan Kartasura sendiri skeitar 16 Km.
Akhirnya keraton Mataram pun pindahan ke Desa Solo dan diberinama Surakarta pada Rabu Paing 17 Muharam 1670 (1745 M). Kata sura dalam Bahasa Jawa berarti "keberanian" dan karta berarti "makmur", sebagai sebuah harapan kepada Yang Maha Kuasa. Dapat pula dikatakan bahwa nama Surakarta merupakan permainan katadari Kartasura.

0 Response to "Sekilas Kartasura Dan Surakarta"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel