Sekilas MLM Dan Ponzi/Money Game

Di era modern ini, perputaran uang sungguh cepat dan hal tersebut membuat banyak bisnis booming dan orang kaya semakin bertambah jumlahnya. Sayangnya ada sebagian ornag yang mengejar kekayaan dnegan cara yang tidak etis bahkan melanggar hukum. Bergabung dengan MLM dan Money Game/Ponzi adalah salah satu cara yang banyak dilakukan tapi tingkat keberhasilanya sangat kecil.
Menurut Wikipedia, Skema Ponzi adalah modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini.
Sedangkan MLM atau Multi Level Marketing adalah strategi pemasaran berjenjang atau berantai, di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Dari definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Ponzi itu jahat, dan MLM tidak jahat. Tetapi pada prakteknya, MLM pun bisa berupa money game atau Ponzi, sehingga produk yang ada itu hanya sebagai umpan saja untuk mengelabui penipuan berjenjang yang ada didalamnya. Biasanya produknya sebenarnya harganya murah, tetapi diberi klaim-klaim palsu atau berlebihan untuk membuat orang tertarik. Paling tidak itu apa yang dialami sebagian teman-teman saya dahulu. Saya sendiri pernah ikut MLM dan pernah berjuang melawan MLM, tetapi berdasar pengalaman praktis saya, dari smeua MLM yang ada, mungkin hanya 1-5% saja yang bener bener bagus, maksudnya dari sisi sistem dan produknya benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat umum.

0 Response to "Sekilas MLM Dan Ponzi/Money Game"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel