Apakah Akibatnya JIka Cukai Rokok Dihapus?

Rokok adalah bagian dari "peradaban"modern, baik kaitannya dnegan olahraga, hiburan hingga kesehatan. Lantas apakah yang akan terjadi  jika cukai rokok dihapus? Jika seandainya cukai rokok dihapus makan akan muncul beberapa akibat, seperti
  1. hilangnya penghasilan 153 trilliun cukai ke negara, seperti merunut merunut pada data terakhir 2018 kemarin. Kemungkinan pada tahun ini, 2019, semakin besar lagi jumlahnya, sesuai trend pertumbuhan penduduk dan jumlah perokok aktif. Sehingga APBN bisa "bergoyang" jika cukai rokok hilang.
  2. jumlah perokok aktif akan semakin naik signifian karena harga rokok akan turun dan semakin terjangkau remaja. perlu diketahui bahwa 3 dari 10 lelaki di Indonesia adalah perokok aktif dan jumlah perokok aktif di Indonesia sendiri sudah mencapai 90 juta orang.
  3. usia awal mengenal rokok akan semakin turun alias jumlah remaja dan anak perokok semakin banyak. Saat ini 8,6% perokok sudah mulai merokok bahkan sejak sebelum umur 13 tahun. Jika harga rokok turun, mungkin bisa mencapai lebih lagi jumlahnya karena harga semakin terjangkau.
  4. angka orang skait dan mati karena rokok akan naik signifikan. Saat ini, rokok menyumbang 10% dari total kematian di dunia, dan Indonesia menempati posisi ke lima besar dunia. 
Referensi
https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/03/100100626/cukai-rokok-sumbang-rp-153-triliun-ke-kas-negara-pada-2018
https://wartakota.tribunnews.com/2018/07/23/jumlah-perokok-pemula-semakin-meningkat-menjadi-886-persen
https://www.beritasatu.com/kesehatan/424134/angka-kematian-akibat-rokok-terus-meningkat

0 Response to "Apakah Akibatnya JIka Cukai Rokok Dihapus?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel