Cara Nyamuk Menghisap Darah Manusia

Nyamuk sebenarnya tidak menghisap darah. Nyamuk menghsap nektar dan madu tumbuhan untuk bertahan hidup. Hanya nyamuk betina saja yang mengsiap darah manusia, untuk membantu berkembang biak. Itupun sebenarnya nyamuk lebih sering menghisap darah binatang daripada darah manusia.
Sewaktu nyamuk hinggap di badan manusia, nyamuk akan menempelkan mulutnya yang bentuknya seperti sedotan dengan terdapat “pisau” yang bisa merobek kulit, kemudian bergerak maju mundur, hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada dihisap. Proses ini sangat cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk “menusuk” seperti halnya seorang dokter menyuntik jarum suntik. Setelah nyamuk kenyang maka akan mencabut “ sedotannya” dan terbang. Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol- bentol dan rasa gatal.
Teknik nyamuk untuk mengisap darah bertung pada sistem kompleks yang mengatur kerja sama antara berbagai struktur yang sangat terperinci. Setelah mendarat pada sasaran, mula-mula nyamuk mendeteksi sebuah titik den bibir pada belalainya. Sengat nyamuk yang mirip alat suntik ini dilindungi bungkus khusus yang membuka selama proses pengisapan darah.
Sebagaimana kita ketahui, luka sekecil apa pun pada pembuluh darah akan menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan enzim yang membekukan darah dan menghentikan kebocoran. Enzim ini akan menjadi masalah bagi nyamuk, sebab tubuh manusia juga akan segera bereaksi membekukan darah pada lubang yang dibuat nyamuk dan menutup luka tersebut sehingga nyamuk tidak akan bisa mengisap darah lagi. Akan tetapi, masalah ini dapat diatasi. Sebelum mulai mengisap darah, ia menyuntikkan cairan khusus dari tubuhnya ke dalam irisan yang telah terbuka. Cairan ini menetralkan enzim pembeku darah. Maka, nyamuk dapat mengisap darah yang ia butuhkan tanpa terjadi pembekuan darah.

Referensi
https://www.kaskus.co.id/thread/52be4e691acb17f53d8b4661/cara-nyamuk-mengisap-darah-kita/

0 Response to "Cara Nyamuk Menghisap Darah Manusia"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel