Kelebihan Tanaman Bambu Untuk Bumi Dan Manusia

Ayah saya pernah cerita, bahwa pohon bambu pada jaman dulu tidak begitu banyak di kampung kami. Kemudian kampung kami sering pada musim angin, diterjang angin kencang sehingga beberapa rumah mengalami kerusakan. Akhirnya di pinggir kampung kami pun ditanami pohon bambu untuk memecah angin kencang sehingga rumah tidak rusak lagi karena angin.
Pohon bambu juga ditanam di pinggir sungai atau tebing untuk mencegah. longsor,karena kampung kami berada di dataran tinggi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahkan menyebut jika bambu sangat cocok ditanam di sepmadab sungai yang rawa longsor jika terjadi banjir. Hal tersebut dikarenan akar bambu berwujud serabut sehingga mampu menstabilkan tanah dan mengurangi erosi.
Dari referensi yang saya baca, bambu juga menghasilkan oksigen dan menyerap karbon lebih banyak daripada rata rata tanaman lain, bahkan tergolong paling besar, berbeda dengan jenis pohon lain karena bambu memiliki kemampuan fotosintesis efisien, yaitu menyerap kembali sebagian karbon dioksida yang dihasilkan.
Selain untuk kelestarian lingkungan, pohon bambu juga sangat bermanfaat untuk kehidupan karena batangnya bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, perabot, gedek atau dinding bambu, pagar dan anjir atau lanjaran tanaman. Pohon bambu juga mudha hidup dimana saja, mudah perawatannya dna cepat berkembang biak.

0 Response to "Kelebihan Tanaman Bambu Untuk Bumi Dan Manusia"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel