Pengalaman DI Masa Awal Kuliah

Masa kuliah adalah salah satu masa tak terlupakan dalam fase hidup saya. Aapalagi dulu saya kuliah terpaksa di kampus swasta karena menghindari gap year, jadi ada rasa rasa ikhlas tidak ikhlas juga. Terlebih di awal masuk kuliah, saya nervous sekali masuk dunia kampus. Sebenarnya saya dulu SMA di lingkungan yang cukup kota juga, yaitu di Salatiga dan sudah akrab dengan dunia kampus karena banyak kenalan mahasiswa dan dekat kampus UKSW dan IAIN di Salatiga.
Lucunya ketika saya masuk kuliah, di kota lain sih, jadi cupu lagi. Memang kampus saya adalah kampus swasta, tapi kampus swasta terbesar di Jawa Tengah dengan mahasiswa lebih dari 20 ribu saat itu.
Saya grogi ketika kuliah bukan karena akademik, tapi lebih faktor ekonomi. Maklum saja, saya bisa kuliah saja sudah sangat sangat beruntung, karena pengorbanan orang tua saya. Maklum, kampus saya cukup mahal, bahkan SPP saya saja, 2,5X lebih mahal daripada kampus negeri di jurusan yang sama. Meksi di SMA saya tau banyak teman saya yang kaya, tapi karena di SMA ya tidak nampak. Berbeda sekali dengan di masa awal perkuliahan, orang akan jelas strata ekonominya dengan pakaian, tempatnya makan dan tunggangannya, karena saya sendiri kuliah jalan kaki dan baru semester 3 bisa beli sepeda onthel, bukan sepeda motor lo wkwkwk.
Tepi dengan berjalannya waktu, saya sudah bisa mengimbangi, bukan dari sisi materi, tapi pengalaman, organisasi dan pertemanan dan jaringan. Lagipula setelah aktif kuliah, mau kaya atau mau miskin tetep sama saja pusingnya mikirin dosen killer, tugas numpuk , praket, skripsi dan lain lain pokoknya.

0 Response to "Pengalaman DI Masa Awal Kuliah"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel