Fakta Unik Jenderal Sudirman,

Kalau kita membaca buku dan berita tentang petinggi TNI apalagi panglimanya, maka kita akan tahu kalau mereka semua merintis karir dari bawah dan semuanya adalah lulusan akademi militer, baik.di era Hindia Belanda maupun setelah Indonesia merdeka.
Tetapi ada satu perkecualian, yaitu Jenderal Sudirman. Beliau bukanlah lulusan akademi militer manapun. Hanya anggota PETA di era penjajahan Jepang. Beliau terpilih menjadi panglima TNI lewat rapat para pemimpin laskar perjuangan saat itu, secara mengejutkan mengalahkan para perwira senior lulusan era Belanda (Breda), terutama sekali Oerip Soemohardjo.
Memang kondisi saat itu memungkinkan panglima TNI tanpa latar belakang yang memadai, karena masih tahap penataan dan konsolidasi. Bahkan saat itu banyak pejuang pangkatnya bisa dibuat dengan "suka-suka", sesuai jumlah bawahannya.

0 Response to "Fakta Unik Jenderal Sudirman,"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel