Menunggu Aksi Nadiem Makarim Di Dunia Pendidikan

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan kita sekarang ini memang seorang yang cukup visioner. Pengalamannya yang lama tinggal untuk menempuh pendidikan di luar negeri jelas sangat mempengaruhi pola pikirnya. Sedikit banyak saya sangat setuju dengan idenya, misalnya
  1. Menghapus ujian nasional
  2. Penyederhanaan RPP
  3. Guru tanpa beban administrasi
  4. Pemfokusan bahasa Inggris di SD
  5. Dll lah
Akan tetapi saya yakin Nadiem Makarim belum tau sepenuhnya bagaimana dunia pendidikan kita, seperti bagaimana kondisi dinas pendidikan dengan berbagai kebijakan dan sumber dayanya, termasuk sisi gelap dunia pendidikan kita yang sudah jadi rahasia umum di kalangan para pendidik.

Tantangan Nadiem adalah bagaimana cara mewujudkan berbagai ide-idengan dalam benti langkah konkrit, baik jangka pendek, menengah maupun panjang.
Sebagai contoh, yang kita ketahui, misal kurikulum K13 saja masih jadi polemik. Dan seandainya dibatalkan pun pasti jadi polemik yang lebih besar, padahal kalau dihentikan mendadak juga bisa kacau. Belum lagi kiprah berbagai penerbit buku yang menjadi mitra resmi dan tidak resmi, sampai-sampai penerbit yang di "ban" dan wan prestasi pun masih bisa mendapat order.

0 Response to "Menunggu Aksi Nadiem Makarim Di Dunia Pendidikan"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel