Cara Mematikan Rumpun Bambu

Pohon bambu umumnya ditanam di pinggir sungai atau tebing untuk mencegah longsor, karena kampung kami berada di dataran tinggi. Tidak pusing merawatnya, pohon bambu akan tumbuh subur, dari 1 batang akan menjadi 1 rumpun dalam beberapa tahun, tanpa perawatan.
Kalau kita liat, anakan bambu atau rebung sering tumbuh agak jauh dari rumpun utamanya, tidak bersambung. Kadang juga bertumpuk tumpuk di dalam rumpunnya sehingga lama laman seakan akan pohon bambunya tumbuh di atas bekas pohoj bambu lain.

Karena memang batang bambu itu bukan pohon sejati. Jika rumpun sudah besar atau banyak, berarti di dalam tanah, "bonggolnya" besar dan dalam. Jika ingin mematika 1 bambu itu tidak ada gunanya. Harus dimatikan dari bonggol rumpunnya. Kalau ditempat saya caranya semua batang dalam 1 rumpun itu ditebang, kemudian dibongkar sampai akar-akarnya, barulah bisa mati. Terkadang juga dibakar akarnya untuk memastikan tidak tumbuh lagi.

0 Response to "Cara Mematikan Rumpun Bambu"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel