Cara Praktis Sederhana Membuat Pupuk Kompos Di Rumah Dari Sampah Organik

Saya sudah 3 bulan ini memisahkan sampah organik dan anorganik, semenjak libur outbreak corona. Sampah organik saya gunakan sebagai bahan kompos untuk media tanam. Jika sampah organiknya basah, dalam 2-3 biasanya muncul mahluk imut, belatung atau maggot.
Cara membuat kompos dari sampah organik itu mudah sekali kok. Bahan yang dibutuhkan adalah kompos yang sudah jadi, beli toko tanaman atau nyari di kebun dan sampah organik. Sebaiknya sampah organiknya dipotong kecil-kecil atau diiremukkan agar lebih cepat terurai daripada wujudnya utuh besar. Jika tidak ada kompos, bisa gunakan pupuk kandang yang sudah jadi, jangan yang masih mentah atau basah.

Caranya membuatnya yaitu
  1. Siapkan wadah, boleh polibag besar, ember atau tong. Saya memilih polibag besar karena ada lubang udaranya
  2. Pada dasar wadah, taruh pupuk kompos yang sudah jadi agak banyak. Setelah itu masukkan sampah, jangan terlalu tebal, bisa 2–5 cm kira-kira, kemudian taburi kompos agar tertutup merata. Selanjutnya taruh lagi sampah organik dan tutup dengan kompos, begitu seterusnya hingga penuh.
  3. Setelah penuh maka siram dengan iar secukupnya dan tutup dengan plastik agar aman dan taruh ditempat yang teduh.
  4. Biasanya dalam waktu 3–4 minggu, sampah organik sudah terurai sempurna dan warnanya hitam gelap, kecuali tulang tulang yang butuh waktu lama. Tapi itu bukan masalah
  5. Pupuk kompos sudah siap digunakan sebagai media tanam.

0 Response to "Cara Praktis Sederhana Membuat Pupuk Kompos Di Rumah Dari Sampah Organik"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel