Mengapa Banyak Orang Indonesia Di Malaysia?

Pertanyaan yang dulu membuat saya heran adalah mengapa banyak orang berdarah Indonesia di Malaysia?
Di Malaysia, banyak banyak orang orang yang sedarah dengan kita karena sama sama orang Melayu Nusantara (secara umum) dan karena beberapa hal berikut untuk lebih detailnya, antara lain
  1. Migrasi berbagai kaum di wilayah nusantara, dari Bugis hingga Aceh sejak ratusan tahun silam, sebelum penjajahah oleh bangsa Eropa. Tidak heran jika monarki negara bagian di Malaysia sendiri mengaku berdarah Bugis, Melayu dan Minang (eksklusif Negeri Sembilan)
  2. Migrasi orang dari pulau Jawa (terutama orang Jawa) ketika era kolonial Belanda, terutama saat pembukaan hutan hutan untuk pemukiman dan pertanian perkebun di daerah negeri negeri selat dan mereka beranak pinak hingga sekarang, hingga bercucu cicit. Banyak artis, politisi dan tokoh Malaysia yang berdarah Aceh, Sumatra Utara, Jawa, Minang, Bugis, Banjar, dll, sebut saja Achmad Zahid (Ponorogo), Mahathir Muhammad dan Istrinya (Minang), Keluarga Najib Rajak (Bugis) dan Istrinya (Minang). Jumlah mereka saat ini jutaan
  3. Dan terakhir, jangan lupa banyak orang Indonesia yang belajar dan bekerja secara legal di Malaysia. Jumlah TKI legal sendiri antara 2,5–3 juta orang di sana, belum lagi yang illegal. Banyak juga TKI yang akhirnya mukim dan punya permanen residen (contoh ortu murid saya) atau malah ganti kewarganegaraan (ortu teman sekolah saya SMA)
Apakah orang Madura, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera yang merantau dan beranak pinak di Malaysia tidak berhak mempertahankan adat istiadat dan budaya dari moyangnya?

Dengan banyaknya orang dari wilayah Indonesia sejak jaman dahulu, tidak heran jika budaya Jawa, Bugis, Minang, Madura dan lain lain pun ada dan bisa ditemukan di Malaysia. Tuduhan Malaysia hobi mencuri budaya Indonesia adalah sebuah tuduhan yang tidak berdasar mengingat sebenarnya Malaysia dan Indonesia adalah sama-sama nusantara, dan karena mereka dijajah Inggris dan kita dijajah Belanda, sehingga Malaysia dan Indonesia menempuh jalan sejarah yang berbeda.

0 Response to "Mengapa Banyak Orang Indonesia Di Malaysia?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel