Tidak Sengaja Minum Minuman Keras, Kok Bisa?

Minum minuman keras adalah hukumnya haram buat orang Islam. Meski demikian ada yang masih suka minum minuman keras dengan sengaja, bahkn sampai mabuk. Tapi ada juga lo yang pernah minum minuman keras tapi tidak sengaja, seperti saya contohnya.

Minuman beralkohol yang pernah saya minum dengan sengaja adalah congyang. Saya yakin sebagian orang, terutama daerah Semarangan tau apa itu congyang. Yang belum tau sikahkan browsing sendiri.
Kalau saya bilang, rasanya congyang ini kemrayas di mulut. Rasanya hangat di perut, tapi beda dengan hangatnya jahe. Saya boleh dibilang minum itu bukan sekali dua kali, tapi belum pernah sampai mabuk. Saya minim hanya mungkin 1/4–1/3 gelas saja sekali minum. Saat itu saya masih kecil, SD, tapi lupa kelasnya.
Saat itu congyang adalah minuman yang cukup biasa di daerah saya, sehingga tidak dianggap "minuman keras" lagi. Tapi dengan semakin tingginya kesadaran beragama, alhamdulilah sudah jarang yang minum congyang sebagai kebiasaan. Meski masih ada juga sih yang pada minum dan mabuk.
Jadi saat itu saya minum congyang dengan sengaja, tapi tidak tahu bahwa itu sebenarnya minuman keras dan haram, karena hanya dibilangin bahwa congyang itu minuman jamu biasa😅. Ironisnya, saya tahu bahwa ternyata congyang itu sebenarnya minuman keras setelah saya kuliah, baca trik di Kasku* tentang minuman keras khas daerah.🤫

0 Response to "Tidak Sengaja Minum Minuman Keras, Kok Bisa?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel