SPP Mahal Kok Gaji Guru Kecil???


Ada beberapa hal yang menyebabkan meski uang masuk dan SPP mahal, kok gaji gurunya kecil, antara lain

  1. Sekolah swasta itu mandiri, tidak mendapat bantuan dari pemerintan dalam pengelolaan dan pengembangannya. Kalaupun dapat, sangat kecil jumlahnya
  2. Biaya operasional sekolah sangat mahal, misalkan saja, jumlah karyawan kebersihan dan keamanan 24 jam sangat banyak,
  3. Fasilitas lengkap dan itu semua dari uang murid, misalkan saja lab, taman bermain
  4. Banyak kegiatan dan lomba, yang juga membutuhkan dana
  5. Sekolah swasta tidak segan segan melakukan branding, misal dengan mengadakan lomba, expo, seminar bahkan beriklan di media sosial, baliho dan Google Adsense

Mengapa sekolah swasta melakukan itu semua?

Agar mendapat banyak murid, karena merekalah sumber pendapatan sekolah. Jika mendapat murid sedikit, bisa saja gaji guru dipotong atau bahkan sekolahnya tutup karena biaya operasional tidak tertutupi. Tentu kita tidak menginginkan hal tersebut bukan.

Karena biaya operasional tinggi, maka gaji gurulah yang menjadi tarik ulurnya. Jadi, meski SPP sekolah tinggi, tapi belum tentu gajinya.


Meski demikian, ada juga sekolah yang SPP sebanding dengan sekolah saya, tapi gaji gurunya cukup tinggi, bahkan tidak kalah dengan PNS. Tentu saja mereka punya manajemen yang sangat baik dan mungkin sumber pendanaan lain juga.

0 Response to "SPP Mahal Kok Gaji Guru Kecil???"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel