Listrik Murah Padahal Habisnya Banyak

Listrik adalah kebutuhan pokok manusia modern. Hampir semua rumah pasti memiliki smabungan listrik. Dan semakin besar suatu rumah atau semakin banyak penghuninya, biasanya tagihan listriknya semakin banyak. 



Kebutuhan rataan harian listrik di rumah saya adalah 6 KWH. Dengan rincian sebgai berikut

  1. 1 mesin cuci front load, untuk rumah tangga dan laundry juga. Bisa dibayangkan berapa kali mencuci dalam sehari ya, bisa 10x pencucian bahkan kadang lebih
  2. 1 pompa air. Sehari bisa nyala 3–6 kali, karena untuk mengisi tandon air untuk keperluan 2 rumah plus laundry
  3. 1 tv lcd 17 inch
  4. 1 kulkas
  5. 1 mesin pengering gas
  6. 1 rice cooker
  7. 9 lampu
  8. 2 kipas angin

Dulu waktu masih menggunakan setrika listrik, bisa habis 7–8 KWH per hari. Sekarang sudah ganti setrika uap, jadi penggunaan listriknya berkurang.

Oh ya, kebetulan listrik saya bukan listrik R1 (rumah tangga), tapi listrik B1 (UKM/usaha kecil), sehingga harga per kwhnya beda. Untuk R1 per kwh sekitar 1650 rupiah, sedang untuk B1, sekitar 1050 rupiah. Jadi dengan kebutuhan kwh yang sama, saya bayar lebih murah 30%.

Jika saya habis sekitar 180–200 ribu sebulan untuk rataan 6 kwh per hari dengan listrik B1, maka jika saya menggunakan listrik R1 dengan kebutuhan yang sama maka harus membayar paling tidak 300 ribu per bulan.

0 Response to "Listrik Murah Padahal Habisnya Banyak"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel