Sampah Plastik dan 3R

 Plastik adalah produk yang hampir tidak bisa lepas dari kehidupan manusia modern. Sayangnya dengan semakin banyaknya plastik maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Terlebih lagi plastik adalah produk yang sulit terurai, mungkin ribuan tahun untuk menguraikannya.

Meski demikian, ada beberapa langkah untuk mengurangi volume sampah plastik, yaitu 3 R, reduce, re-use dan recyle.

Reduce, yaitu kurangi penggunaannya. Misalnya jika kita ke warung indomie sebungkus, ya tidak usah minta bungkus plastik. Cukup dibawa atau kantongin aja kan bisa. Atau kalau belanja banyak kan bisa bawa wadah atau kantong kain dari rumah. Bayangin aja jika minimal kita kita sehari sekali ke warung belanja dan bawa 1 kantong plastik, berapa puluh kantong dalam sebulan atau setahun, belum dikalikan dengan jumlah penduduk se RT atau se Indonesia. Reduce ini bisa dilakukan siapapun dan bisa kita ajarkan sejak dini kepada anak anak kita.

Re-use adalah aksi menggunakan kembali plastik yang ada. Misalnya, plastik yang ada di rumah, misal bungkusan belanjaan kita, bisa kita gunakan sebagai wadah sampah. Bisa juga kita simpan jika kondisinya masih bagus dan mungkin lain kali bisa gunakan kembali sebagai wadah. Hal ini tentu juga merupakan tindakan penghematan juga meski mungkin hanya ratusan atau ribuan rupiah saja nilainya. Tapi efek terhadap kuantitas sampah juga signifikan, terlebih jika dilakukan oleh banyak orang dan jangka waktu yang lama. Aksi ini bisa dilakukan semua orang dan bisa diajarkan kepada anak-anak juga.

Saya sendiri sering melipat plastik yang masih layak digunakan agar hemat tempat dan nyaman dipandang.

Recycle adalah mendaur ulang sampah plastik, misalnya botol minuman menjadi produk lain yang biasanya gradenya lebih rendah. Sayangnya proses ini tidak bisa atau sulit dilakukan di skala rumah tangga tapi industri karena membutuhkan proses yang panjang serta tenaga, tempat dan alat yang memadai. Para pemulung sebenarnya juga sangat membantu proses recycle ini karena mengambil sampah plastik dan membawanya ke para pengepul atau pabrik. Kita bisa membantu proses recycle ini dengan cara memilah sampah organik dan anorganik dalam kantong yang berbeda agar memudahkan proses selanjutnya.

0 Response to "Sampah Plastik dan 3R"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel