5 Jurusan Paling Favorit di PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Setelah lulus, para alumni akan mengikuti ujian seleksi CPNS untuk ditempatkan di instansi lingkungan Kemenkeu ataupun instansi di pemerintahan pusat dan daerah. Kesempatan mengikuti ujian CPNS maksimal tiga kali saja  



Meskipun namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tapi jurusan yang ada di kampus ini bervariatif. 

1. Akuntansi

Jurusan akuntansi di PKN STAN sudah menjadi hal yang paling ikonik di sini. Tak ayal, Bnyak banget peminat di jurusan ini. Di jurusan akuntansi ini terdiri dari program diploma 3 dan diploma 4. Di sini para mahasiswa mempelajari berbagai mata kuliah seperti akuntansi pemerintahan, hukum keuangan negara, keuangan publik dan mata kuliah lain.

2. Perpajakan

Di sekolah kedinasan ini juga menyediakan program studi pajak. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar banyak tentang administrasi dan tata kelola pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

3. Kepabeanan dan Cukai

DiJurusan Kepabeanan dan Cukai, merupakan suatu jurusan di STAN yang para mahasiswanya digembleng semi militer. Jadi lulusannya harus siap dengan rintangan yang ada. Setelah lulus nanti, mahasiswa dari jurusan ini kebanyakan akan bertugas di Dirjen Kepabeanan dan Cukai RI.

4. Kebendaharaan Negara

Kalau yang satu ini adalah jurusan yang paling dibutuhkan untuk mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan negara. Di PKN STAN, terdapat D1 dan D3 Kebendaharaan Negara. Lulusan dari program studi ini akan bekerja di Ditjen Anggaran, Ditjen Pengelolaan Utang, dan Ditjen Perbendaharaan

5. Manajemen Aset

Manajemen Aset merupakan jurusan yang paling kece juga nih di PKN STAN. Jurusan ini akan berkutat dengan mata kuliah yang berbau hukum. Salah satunya tentang piutang, lelang negara, serta penilaian aset properti. Saat lulus nanti, lulusannya akan berkecimpung dan bekerja di Ditjen Kekayaan Negara di seluruh Indonesia. 

Memang sih, masuk di PKN STAN merupakan kebanggan tersendiri bagi setiap orang. Namun, disini kamu juga harus serius saat menjalankan perkuliahan. Nah, jika kamu gak serius dan main-main, maka bisa jadi kamu dikeluarkan alias drop-out.

0 Response to "5 Jurusan Paling Favorit di PKN STAN"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel