Pilihan Sekolah Kedinasan Yang Cocok Untukmu

Setiap calon mahasiswa tentu ingin dapat menuntut ilmu di kampus idamannya, termasuk di sekolah kedinasan. Daftar sekolah kedinasan menjadi salah satu cara yang dapat kamu pilih agar bisa bekerja di kantor Pemerintahan. Bahkan lulusan sekolah kedinasan juga otomatis akan langsung diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Namun, persaingan yang ketat membuat kamu harus ekstra kerja keras belajar agar dapat lolos ujian seleksi. Untuk itu, kamu harus melakukan persiapan menjelang ujian seleksi sekolah kedinasan salah satunya yaitu dengan mengikuti bimbingan belajar.



Sekolah kedinasan memang menjadi pilihan banyak calon mahasiswa yang ingin bekerja di lembaga Pemerintahan. Ada yang menjadi sekolah favorit tapi ada juga sekolah kedinasan yang sepi peminat. Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga pemerintahan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan lainnya. Rekrutmen di sekolah kedinasan memang menjadi salah satu rangkaian seleksi aparatur sipil negara (ASN) melalui jalur ikatan dinas. Oleh karena itu, bagi setiap pelamar yang ingin mendaftar sebaiknya pahami dahulu seputar sekolah kedinasan tersebut.

Pendaftaran sekolah ikatan dinas di Indonesia dilakukan dalam satu portal, yakni milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Adapun pendaftaran dibuka biasanya di bulan April/

Macam-macam Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia:
1. STAN
Sekolah ikatan dinas di Indonesia yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan. Lulusan dari sekolah ini, peserta didik bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang tengah membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

2. AKMIL
Sekolah ikatan dinas yang lain adalah akademi militer yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Peserta yang lulus dari sini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan.

3. Poltekim
Poltekim adalah Politeknik Imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Lulus dari sekolah ikatan dinas ini, peserta didik bisa langsung bekerja di Direktorat Jenderal Imigrasi.

4. STPI
Peserta yang minat dengan penerbangan bisa mengambil ikatan dinas di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Terdapat empat jurusan, yakni Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.

5. STSN
Sekolah ikatan dinas yang berkaitan dengan keamanan data dan internet adalah STSN. Sekolah ini dinaungi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan lulusannya akan ditempatkan di Lembaga Sandi Negara.

6. Poltekip
Poltekip adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan yang masih di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Peserta yang lulus dari program D-IV di sini bisa langsung ditempatkan di bawah Ditjen Pemasyarakatan.

7. STIN
Macam-macam sekolah ikatan dinas di Indonesia yang lain adalah STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Sekolah yang berada di Bogor, Jawa Barat ini berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN).

8. IPDN
Bagi siswa yang ingin terjun dalam persoalan dalam negeri bisa mencoba sekolah ikatan dinas IPDN. Sekolah ini terletak di Sumedang, Jawa Barat.

10. AKPOL
Sekolah ikatan dinas khusus untuk kepolisian adalah AKPOL. Peserta akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan lulus dengan gelar Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

11. STTD
Kementerian Perhubungan juga membawahi sekolah ikatan dinas STTD. Awalnya sekolah ini bernama Akademi Lalu Lintas namun sejak tahun 2000 berubah menjadi STTD.

12. STIS
Sekolah ikatan dinas yang lain adalah STIS. Peserta yang mendaftar di sini akan mempelajari ilmu statistik dan ilmu matematika. Sekolah ikatan dinas ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
13. STMKG
Terakhir, ada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Terdapat empat jurusan yang dibuka, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG.

Silahlan pilih sekolah kedinasan yang sesuai dengan minatmu.



0 Response to "Pilihan Sekolah Kedinasan Yang Cocok Untukmu"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel