Bahasa Jawa Ngoko Kok Lebih Populer Dari Bahasa Jawa Krama?

 

Saat ini penutur sejati bahasa Jawa semakin berkurang drastis jumlahnya. Padahal bahasa Jawa adalah bahasa yang unik, karena memiliki banyak stratifikasi seperti Ngoko, Madya dan Krama. Dan memang stratifikasi tersebut sedikit banyak menyulitkan penuturnya karena penggunaannya yang harus sesuai pakem.

Akibatnya, saat ini generasi muda rata rata hanya tingga mengenal bahasa Jawa Ngoko saja dan semakin terasing dari basa Krama. Bahasa Jawa Ngoko jauh lebih populer daripada bahasa Jawa Krama.



 Kosakata Jawa Krama itu lebih susah diingat daripada Jawa Ngoko, karena amat teramat jarang digunakan. Saya aja make basa Kromo cukup jarang, paling jika sama orang tua, mertua dan tetangga yang masuk katagori senior citizen. Itupun basanya saya campur campur, tidak bisa 100% Kromo.

Kalau ngobrol dengan teman saya lebih loss dengan bahasa Jawa Ngoko. Bahkan dengan orang yang baru saya kenal, asal orang Jawa biasanya saya gunakan bahasa Jawa Krama.

Dan orang Jawa itu kalau misuh pakai bahasa Jawa, rasanya manteb banget, puas, karena bisa keluar semua kata kata kotornya, dan biasanya menyebut dengan ungkapan terburuk, terutama binatang berkaki empat 

0 Response to "Bahasa Jawa Ngoko Kok Lebih Populer Dari Bahasa Jawa Krama?"

Post a Comment

Mohon isi komentar HANYA terkait dengan artikel yang di bahas di halaman ini. Di larang memberikan link aktif (kami akan menghapusnya dan melaporkan sebagai spam jika anda melanggar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel